Get me outta here!

Minggu, 13 November 2016

PENGENALAN atau PERTINJAUAN SISTEM OPERASI

BAB I 

PENGENALAN atau PERTINJAUAN SISTEM OPERASI 
 


1.1 Tinjauan Sistem Operasi

Untuk memahami Sistem Operasi kita tentunya harus mengetahui tentang sistem komputer. Sitem Komputer terdiri dari Hardware, Software, dan Brainware.

A. SOFTWARE 

     Software merupakan program berupa kode-kode dan perhitungan matematis yang dapat dimengerti oleh perangkat keras komputer (hardware) yang disesuaikan dengan tujuan dan fungsinya agar komputer tersebut dapat dioperasikan oleh brainware. Software terdiri dari : Sistem aplikasi adalah program yang digunakan oleh user atau pengguna untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. misalnya untuk menyetel video , mengolah grafis , angka dan lain-lain. 

    Perangkat lunak aplikasi yang banyak digunakan adalah MS. Word digunakan utuk mengolah data ( membuat surat, makalah ). Sedangkan sistem operasi dapat dikatakan adalah program-program yang menghubungkan semua komponen sitem. Dapat pula dikatakan sistem operasi adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antar brainware, software dan hardware sehingga dapat sering berkomunikasi. Sitem operasi bertugas sebagai pengendali kontrol serta mengkoordinasikan kegunaan hardware untuk berbagai program aplikasi yang digunakan brainware.

B. HARDWARE 

    Hardware adalah perangkat fisik komputer yang menjadi inti dari sumber daya sebuah komputer. Perangkat fisik dari sebuah komputer adalah bagian yang dapat dilihat dan disentuh. Contoh dari hardware adalah monitor, keyboard, processor dan lain sebagainya 

C. Brainware 

    Brainware adalah adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. 

1.2 Pentingnya Sistem Operasi 

     Sistem Operasi berfungsi sebagai :
     - Menjebamtani antara hubungan hardware dan program aplikasi yang digunakan atau dijalankan             oleh user 
     - Mengatur dan mengawasi kegunaan hardware oleh user dari berbagai program terutama program          aplikasi 

1.3 Definisi Sistem Operasi 

    Sistem Operasi Merupakan sebagai pendukung terhadap komunikasi data antara perangkat komputer dan mutlak diperlukan. Pada model sistem terdistribusi dimana sistem operasi akan mengatur mekanisme penjadwalan , penggunaan resource , komputer dalam jaringan. Oleh karena itu sekumpulan prosesor yang tidan bernagi memori atau clock akan diatur oleh sistem operasi, sehingga komputer host untuk menggukan prosesor dan alokasi tempat penyimpanan erta mekanisme pendistribusian data maupun proses dapat dilaksanakan atau dilakukan.

1.4 Sejarah Sistem Operasi 

1. Generasi pertama ( 1940 ) adalah generasi yang sistem operasi komputer masih dilakukan secara manual. Pada generasi pertama sistem operasi sudah dengan transistor yaitu pergantian antara job sudah digunakan untuk mendapatkan waktu yang lebih efesien. 

2. Generasi ke-2 ( 1960 ) dimana pada generasi ini sudah dikenal multi programming, multi prosesing dan lain-lain 

3. Generasi ke- 3 ( 1970 ) dimana sudah ditandai berkembangnya general purpose system dan ditahun ini sistem operasi menjadi sangat rumit ( kompleks ), mahal, dan lain-lain untuk dipelajari . 

4. Generasi ke- 4 ( 1970 - sekarang ) dimana ditandai dengan perkembangan jaringan komputer dengan tujuan untuk data sharing, hardwaring sharing, dan lain-lain sehingga interface semakin friendly dan tanpa harus mengorbankan unjuk kerja.  




 



0 komentar:

Posting Komentar